Kolam renang umum di Sukabumi

Menelsuri sejarah perkembangan kolam renang dikota sukabumi mempunyai sejarah yang panjang, seumur dengan kota sukabumi itu sendiri, ada beberapa kolam renang umum atau publik yang sudah akrab dengan warga sukabumi, jika terlahir dan besar di Kota Sukabumi minimal ada mata pelajaran olah raga semasa SD maupun SMP pelajaran olah raga berenang dan salah satunya anda pernah berenang di kolam renang ini.



1. PRANA SUKABUMI
Kolam Renang Prana Kota Sukabumi, dibuka pertama kali pada 9 November 1926 oleh pemilik nya seorang Pengusaha berkebangsaan Jerman yang mewarisi pula Hotel Salabintana, Kolam Renang Prana dan Victoria Hotel kepada anaknya yaitu G.Lenne sehingga kebun tersebut dikenal pula dengan “Het Particulier Land Lenne”

Asal muasal dari pengambilan naman kolam renang Prana terdapat beberapa sumber diantaranya adalah nama dari Pangeran Jaya Prana, salah-satu penyebar agama Islam mula-mula di Sukabumi yang dikuburkan di bawah pohon beringin besar di kolam renang Prana (IF Sufi, 2017).

Kolam renangnya sendiri tidak tampak perubahan yang berarti terutama dari segi letak kolam renangnya sendiri sampai tahun 2020 penambahan yang mencolok adalah penambahan fasilitas kolam anak dan sarana untuk bermain anak seperti water bom, dan peluncur.

Peralatan pompa kolam renang yang cukup tua menjadi kendala bagi kolam renang ini, pompa sirkulasi yang ada tidak cukup untuk menyaring kotoran kotoran dalam kolam sehingga solusinya adalah pengurasan dengan pergantian air yang cukup memakan waktu.





Kolam renang ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap seperti
  • Kantin
  • Toilet
  • Arena Bermain anak
  • Tempat Jajanan
  • Parkir
  • Mushola
Harga tanda masuk atau terbilang cukup murah untuk hiburan rakyat, hari biasa Rp. 15.000 dan Sabtu minggu Rp. 20.000 / orang.

Poto poto kolam renang Prana tahun 2018-2020 



2. Kolam Renang CIMELATI

UP DATE





Komentar